PENGARUH ENDORSMENT DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DI SILA

Authors

  • Nurul Fatima Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.520

Abstract

The formulation of the problem in this study is whether endorserment and equity affectthe purchasing decision of the oppo to sila. The purpose of this study is to determine the effect of endorserment and equity effect on the purchasing decision of oppo to sila smartphone. The hypothesis in this study is that endorserments and equity affect have a positve effect on consumer purchasing decisio on the oppo smartphone, the population is unknown. The sample is 100 people the data source comes from primary and secondary data. The  results showed that the cofficient of determination R Square is 344. Simultaneous testing obtained Fcount (24.344) greater than Ftable (3,09) or (24.344 > 3.09) meaning that brand image and promotion together have a positive effect on consumer purchasing decisions. endorsments variable has a positive and significant effect on purchasing decisions consumers where the t-count value is 3.313 > the t-table value is 1.984. Partially the promotion variable has the most dominant influence on consumer purchasing decisions, where the t-count value is 3.313> t table 1.984

References

Anisa yasya zhafira,indira rachmawati (pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di kota bandung) “ jurnal mitra menejemen (JMM online) 2020 vol.4,No. 9, 1287-1297” .

Andriana dwi hestyani,sri rahayu tri astuti ( analisis pengaruh celebrity endorser, daya tarik iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening) “ journal manajemen vol 6 No 2, hal.1-11, 2017” .

Budi susetiyono, hj. Megayani SE,MM.(pengaruh celebrtiy endorser terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo melalui word of mouth sebagai variabel mediasi) “ jurnal stei ekonomi, vol xx,No,xx,bulan 20xx.

Cindy mei alfionita,suharyono,edy yulianto (pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (survei pada pembeli oppo smartphone di counter handphone matos) ). “ jurnal administrasi bisnis(JAB)vol.36.No.1 juli 2016” .

Deagiva sutarjo, silvy l.mandey,michel ch.raintung (pengaruh gaya hidup word of mouth dan endorsment terhadap keputusan pembelian pada gloriuss store manado) “ jurnal EMBA v0.8 No.4 hal.90-99.oktober 2020 ”.

Ferlita yulia jansen, frederik G worang dan fitty V arie ( pengaruh ekuitas merek,citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen smartphone samsung pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNSRAT 2019-2020) ‘’ Jurnal EMBA vol.No. 1 januari 2022,hal.279-288 “

Ira ramadhani & prameswara samofa nadya (pengaruh endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian fesyen muslim hijub 2020) “jurnal konferensi nasional ekonomi manajemen dam akutansi universitas muhamdiyah 11-12 desember”

I.B.G ari pradya wibawa, N.I.W sayang telagawati ( pengaruh ekuitas merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota di PT agung automall cabang jembara) “jurnal manajemen dan bisnis vol.4 No 3, bulan desember tahun 2022”.

Kevin renaldo teguh(pengaruh celebrity endorsment dan promosi terhadap keputusan pembelian produk minyak goreng kedelai misoya di pt.sari sarana kimiatama melalui minat beli sebagai variabel entervening pada masa pandemi covid-19) “jubis vol.3 No.1 tahun 2022 “.

Kotler & keller ( analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mie instan sedaap di semarang ) “jdm vol. 4. No.1, 2013,pp: 93-102”.

Muthya rahmi darmansyah ( pengaruh penggunaan celebrity endorser terhadap pembentukan brand image (studi pada smartphone oopo)) “ jurnal manajemen tool vol.13 No. 2 desember 2021.

Rusmana santi ristauli hutagaol, feby aulia safrin ( pengaruh celebity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian pada produk scarlett whitening) “ journal of social research juni 2022, 1 (7), 761-772 “.

Zuraidah, nara pristiwa ( penagruh endorsment dan viral marketing terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dikalangan pelajarab sma negeri 2 banda aceh) “ jurnal ilmiah manajemen muhamadiyah aceh vol.10.No.2 edisi jul-des-2020 “.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Fatima, N., & Ernawati, S. (2023). PENGARUH ENDORSMENT DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DI SILA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 1–12. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.520