PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SEHAT BAKERY SIBULUAN INDAH

Authors

  • Otomosi Waruwu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
  • Rosmita Ambarita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
  • Nur’ainun Hasibuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.456

Abstract

The formulation of the problem in this study is whether brand image and promotion influence consumer purchasing decisions at Sehat Bakery Sibuluan Indah? The purpose of this study was to find out and analyze the influence of brand image and promotion on consumer purchasing decisions at Sehat Bakery Sibuluan Indah. The hypothesis in this study is brand image and promotion have a positive effect on consumer purchasing decisions at Sehat Bakery Sibuluan Indah. population of 250 people. The sample is 63 people. Data sources come from primary and secondary data. The research results show that the coefficient of determination R Square is 56.4%. Simultaneous testing obtained Fcount (38.829) greater than Ftable (3.15) or (38.829 > 3.15) meaning that brand image and promotion together have a positive effect on consumer purchasing decisions. Brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions consumers where the t-count value is 2.738 > the t-table value is 1.999. Partially the promotion variable has the most dominant influence on consumer purchasing decisions, where the t-count value is 5.703 > ttable 1.999

References

Akbar, Ali ma’arif. (2012) Analisis Pengaruh citra merek, dan kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian notebook Toshiba di Universitas Gunadarma Depok. Jurnal Manivestasi, Vol. 1 No.1. Desember 2017 : 261-275

Alma, Buchari. (2010) Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Kesembilan, Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Basu, Swastha. (2013) Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Durianto, Darmadi Sugiarto dan Tony Sitinjak. (2011) Strategi Menaklukkan PasarMelalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Jakarta : SUN

Iffan, Ilham. (2011) Analisis Citra Merek dan Promosi Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Motor Yamaha Mio di JG Motor (PT. Jayamandiri Gemasejati) Bandung. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 6(1), 457-478.

Kotler, Philip. (2013) Dasar – Dasar Pemasaran, Edisi Keempat Belas. Jilid 1. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2015) Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku I, Cetakan Kedua. Yogyakarta: Andy.

Kotler, Philip dan Kevin, Lane Keller. (2011) Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi Keduabelas, Cetakan Ketiga. Penerbit: Indeks.

Rini, Cahyani Jusman. (2017) Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Respon Terhadap Merek Dan Hubungan Dengan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam) Iain Palopo Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo

Sunarto (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Tetujuh. Penerbit UST Press : Yogyakarta.

Saladin. Djaslim. (2013) Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran, Cetakan Tiga. Bandung : Lindu Karya.

Sangadji dan Sopiah. (2013) Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Sitohang, Marudut (2011) Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Harga dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie Martin Pada Mahasiswa Lembaga pendidikan Politeknik MBP Medan. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1(01), 1-6

Simamora, Henry. (2010) Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid II, Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, Sri Yusnida (2018) Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Instan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Medan Sumatera Utara.

STIE Al-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah, (2022) Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi, Sibolga

Suharno. (2010) Marketing in Practice. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam Belas, Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy. (2014), Strategi Pemasaran, Edisi Kelima, Cetakan Kedua.Yogyakarta : Andi

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Waruwu, O. ., Ambarita, R. ., & Hasibuan, N. . (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SEHAT BAKERY SIBULUAN INDAH. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 107–118. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.456