ANALISIS JUAL BELI ONLINE DENGAN SISTEM DROPSHIPPING DI TOKO ALHUSNA HERBAL PEMALANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • Lailatul Risma IAIN PEKALONGAN

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.147

Abstract

Dropshipping merupakan penjualan produk yang memungkinkan Dropshipper menjual barang ke pelanggan dengan bermodalkan foto dari supplier/toko (tanpa harus menyetok barang) dan menjual dengan harga yang ditentukan oleh Dropshipper atau kesepakatan harga bersama antara supplier dengan Dropshipper. Dalam sistem dropshipping ini proses pemasarannya dapat dilakukan dengan cara online maupun offline, tetapi sebagian orang lebih memilih dengan cara online lebih efektif. Mereka tidak harus memiliki barang yang akan di jual. Cukup dengan menggunakan beberapa media yang dimiliki oleh penjual untuk memasarkan produk secara online, yaitu melalui lewat marketplace maupun media sosial seperti Instagram,WhatsApp dan Facebook. Jika dilihat secara sekilas, tentu menjadi hal yang lumayan sulit dimengerti bagi mereka yang baru mengenal istilah tersebut. Akan tetapi, pada praktiknya adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Lebih mudahnya, Dropshipping adalah menjual barang milik supplier atas seizin supplier kepada pembeli dengan bermodalkan komputer maupun smartphone dan koneksi internet. Jual beli model ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan para ulama, akan hukum boleh dan tidaknya model jual beli dropshipping. Ada ulama yang menyatakan setuju dan tidak setuju jual beli dengan sistem dropshipping. Pendekatan penilitian yang penyusun gunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. 

References

R. Hadi, “ANALISIS PRAKTEK JUAL BELI DROPSHIPPING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM LATAR BELAKANG MASALAH,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. 4, no. 2, p. 231, 2019.

L. Nubahai, “KONSEP JUAL BELI MODEL DROPSHIPPING PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM.”

A. Triyawan and S. E. Nugroho, “Sistem Dropshipping Menurut Ekonomi Islam.”

E. Pitriani and D. D. Purnama, “DROPSHIPPING DALAM PERSPEKTIF KONSEP JUAL BELI ISLAM,” J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 3, no. 2, 2015.

M. J. TANJUNG, “Praktik Sistem Dropshipping Pada Jual Beli Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Dropshipper Tokopedia Dan Shopee Mahasiswa Uii),” 2021.

M. R. Palevy, “SISTEM TRANSAKSI DAN PERTANGGUNGAN RISIKO DALAM JUAL BELI DROPSHIPPING MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.”

M. J. Arifin, “Keabsahan Akad Transaksi Jual Beli dengan Sistem Dropshipping dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Lisyabab J. Stud. Islam dan Sos., vol. 1, no. 2, 2020.

R. Hediana et al., “TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.”

R. Indra Tektona, “JUAL BELI ONLINE DROPSHIPPING DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH.”

S. Tinggi and A. Islam Binamadani, “JUAL BELI DROPSHIP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Aif Hafifi,” 2022.

I. Sahil, “DROPSHIPPING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.”

“4258-Article Text-12648-2-10-20210630.”

D. Iswidharmanjaya et al., “ْ َ ب لا َّ ح َّ ح ا َ ب ر ِّ لا م َ و َ ي َ َ أ و َ ع,” pp. 1–16, 2000.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Lailatul Risma. (2022). ANALISIS JUAL BELI ONLINE DENGAN SISTEM DROPSHIPPING DI TOKO ALHUSNA HERBAL PEMALANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM . Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.147