Pengaruh Brand Image, Harga, dan Label Halal Dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kudus

Authors

  • Kunasari Kunasari Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Salsabila Dhia R.A. Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Zahrotun Nikmah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Riyan Andni Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Eki Candra Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v5i2.1049

Keywords:

brand image, price, halal label, purchase decision, wardah

Abstract

This study aims to determine the influence of brand image, price, and halal labels in the purchase decision of wardah cosmetic products in Kudus City. Wardah cosmetic products that always occupy the top brands in Indonesia show that many use this product. So that many consumers already believe in Wardah cosmetic products. In this study, a questionnaire was distributed to all people in the holy city with a sample of 125 respondents. And the data was calculated using SPSS version 20. Where the brand image is (X1), price (X2), halal label (X3) and purchase decision (Y). And this study aims to show whether brand image has a significant influence on the purchase decision of Wardah cosmetic products, whether price has a significant influence on the purchase decision of Wardah cosmetic products, and whether halal labels have a significant influence on the purchase decision of Wardah cosmetic products.

References

Adianti, S. N., & Ayuningrum, F. (2023). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 5(1), 45–56.

Aeni, N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1(2), 117–126. https://doi.org/10.47709/jebma.v1i2.996

Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2023). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Jurnal Neraaca Manajemen, Ekobnomi, 3(1), 1–14.

Al Hidayat, R., Charolina, O., & Afriani, W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Harga Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kue AHK Keju di Kecamatan Teluk Segara. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3(1), 83–94. https://doi.org/10.56135/jabnus.v3i1.158

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. 6(1).

Ana Odelia Gultom, & Eka Purnama Sari. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada PT. SJKM Titipapan). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(1), 112–129. https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.645

Anggraini, D. S. (2024). KEMASAN ( Studi Kasus Mahasiswa FEBI Uin Sts Jambi ) Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri.

Aqillamaba, K., Puspaningtyas, N. D., & Indonesia, U. T. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 3(2), 54–61.

Arista, K. C., & Fikriyah, K. (2022). The Effect of Halal Label , Price , and Song Joong Ki as Brand Ambassador on Purchase Decisions for Scarlett Whitening Products in Sidoarjo Regency Pengaruh Label Halal , Harga dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk. 9(4), 453–466. https://doi.org/10.20473/vol9iss20224pp453-466

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. 10(2).

Banking, I., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2023). MONEY: Journal of Financial and Islamic Banking. 1(2), 106–114.

Cahya, S. T., Zakaria, D. A., & Kurnia, D. (2022). Minat Mahasiswa terhadap Olahraga Tradisional. 2(2), 138–147.

Daengs, Achmad, Enny Istanti, and Indriana Kristiawati. 2022. “Peran Timelimenes Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction, Customer Loyalty Pt. Jne.” Jurnal Baruna Horizon 5 (1): 1–7. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v5i1.71.

Dewi, Y. (2021). Pengaruh Label Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1–11.

Di, W., & Palu, K. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen membeli kosmetik bb cream wardah di kota palu. 5(2), 171–182.

Ekowati, D. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE , DESAIN PRODUK , DAN CUSTOMER EXPERIENCE. 3, 62–74.

Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154

Gunarsih, C. M. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hamdana, Mohamad Agus Salim Monoarfa, & Meriyana Franssisca Dungga. (2024). Mengukur Kinerja Perusahaan: Peran Firm Size sebagai Variabel Moderasi antara Current Ratio, Total Asset Turnover dan Firm Value. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 4898–4918. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i6.2117

K., Krida, E., & Juli, S. (2022). WARDAH PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK PADA ERA PANDEMI COVID 19. 3(1), 1–13.

Hastuti, A. P., Rahayu, L. P., S, A. K. H., Purwanto, H., & Ria, U. (2024). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENGIRIMAN J & T EXPRESS ( Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Cabang di J & T Express di Boyolali Tahun 2022 ). 12(1), 150–158.

Herawati, J. W., Astuti, R. P., Wiken, I., Khildina, A., Hasanah, W., Syariah, P., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., & Jember, S. (2024). Volume 2 ; Nomor 6. Juni, 2, 577–581.

Hulima, J. S. P., Soepeno, D., Tielung, M. V. J., Produk, P. K., Dan, P., & Harga, P. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARDAH DI KOTA MANADO THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY , PROMOTION AND PRICING ON PURCHASING DECISIONS IN WARDAH AT MANADO CITY Jurnal EMBA Vol . 9 No . 2 April 2021, Hal . 1167-1177. 9(2), 1167–1177.

Ian Alfian, M. M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. At Tawassuth, 2(1), 122–145.

Irawan, P. R., Abdillah, A., & Taryanto, T. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Home Industry Sandal Kulit Kandangwesi Collection Garut. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 61.https://doi.org/10.24853/jmmb.3.2.61-68

Istiyanto, B., Nugroho, L., Istiyanto, B., Nugroho, L., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). 12(1), 1–8.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. 3(2), 100–114.

Kalimantan, S. (2023). PERAN CSR PRODUK KOSMETIK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KOTA BATAM. 11(1).

Kasus, S., & Jawa, K. D. I. (2020). Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ). 4(6), 871–884.

Khotimah, K., & Nurtantiono, A. (2021). Kusnul Khotimah 1)* , Andri Nurtantiono 2). 4, 1– 10.

Kolinug, M. S., Mananeke, L., Tampenawas, J. L. A., Brand, P., Dan, A., Image, B., & Keputusan, T. (n.d.). PEMBELIAN KOSMETIK REVLON. THE EFFECT OF AMBASSADOR BRAND AND BRAND IMAGE ON REVLON COSMETIC PURCHASE DECISION. 10 No . 3 Hal . 101 - 111. 10(3), 101–111.

Kwan, M. C., Studi, P., Pemasaran, M., & Ubaya, P. (2023). MEREK PADA PERUSAHAAN KOSMETIK DI INDONESIA Pendahuluan. 01(03), 515–522.

Lestari, D. A. (2021). LOYALITAS MEREK PRODUK KOSMETIK WARDAH DI SURABAYA. VII(2), 22–30.

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1089

Madiistriyatno, H. (2024). the Role of Price and Promotion in Supporting Loyalty Through Satisfaction At Umkm Laundry “Harfia” Central Jakarta Peran Harga Dan Promosi Mendukung Loyalitas Melalui Kepuasan Pada Umkm Laundry “Harfia” Jakarta Pusat. 7, 8570–8578.

Marketing, P. V., Image, B., Nabilaturrahmah, A., & Siregar, S. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(7). https://doi.org/10.5281/zenodo.6534500

Masruroh, S. K. (2021). Oleh: Siti Khoirul Masruroh NIM: 17131110075. Meidasari, E., Rachmadi, A., Enzovanni, S., & Desyantama, H. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Onejaya77 Busana. Faletehan Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.61252/fjeb.v2i1.76

Merek, P. C., Dan, H., Terhadap, P., Yogyakarta, D. I., & Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. IV(2), 60–69.

Merek, P., Produk, K., Sosial, M., Harga, D. A. N., Minat, T., Konsumen, B., Produk, P., & Wardah, B. (2021). Jurnal Ekonomi dan Manajemen e-ISSN : 2656-775X. 1–12.

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35.

https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1539

Nasional, P., & Novitariyanjaya, J. T. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Wardah di Situs Belanja Online Shopee. 3(5), 909–926.

Ni Komang Ana Tri Handayani, Ni Putu Nita Anggraini, P. K. R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Produk Furniture Kayu Jati Bali Rahayu (Studi Penelitian Ud Bali Rahayu Badung). Jurnal Emas, 2(1), 51–70.

Noviyanti, S. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA, INFLUENCER, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MLM TIENS SYARIAH (Studi Pada Konsumen PT. Singa Langit Jaya Di Kota Malang). Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103–150.

Nur Rahma, A., Firdaus, V., Komala Sari, D., & Muhammadiyah Sidoarjo, U. (2024). the Influence of Brand Ambassador, Brand Image, and Price on Purchase Decisions on Skincare Product Consumer Scarlett Whitening in Sidoarjo City. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 3275–3292.

Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Oktavia, Y., Sudarwanto, T., Awareness, B., & Pelanggan, L. (2023). DAMPAK BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS BAGI LOYALITAS INTERVENING PADA KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI KOTA. 11(3).

Pada, K., Fisip, M., & Slamet, U. (n.d.). BRAND IMAGE WARDAH KOSMETIK UNTUK MENARIK MINAT BELI (STUDI KASUS PADA MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA).

Pasha, K., & Hadibrata, B. (2019). The Impact of Brand Awareness, Brand Association and

Perceived Quality on Consumer Purchase Decision of Sampoerna A Mild Products. Saudi Journal of Economics and Finance, 9414, 67–76. https://doi.org/10.21276/sjef.2019.3.1.9

Permatasari, N. A., Jauhari, A., & Saputra, B. M. (2023). Pengaruh Brand Image , Promosi , Dan Label Halal. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(09), 20–30.

PRASTIWI, Y. N. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sariayu Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating.

Putra, A. V., Qaeda, M. I., Rasyid, M. A., Aidil, F., Khumairoh, H., Fiola, N., Mulyanti, K., Manajemen, P., & Ekonomi, F. (2024). Issn : 3025-9495. 6(11).

Rachmawansyah, R., Bambang, M., & Rohman, S. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Daerah Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 469–481.

Rando Yufren Pingak, A., , Aprianan H. J. Fanggidae, B., , Merlyn Kurniawati, C., Rolland, & Fanggidae, E. (n.d.). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGELLO BAKERY & CAKE DI KUANINO KOTA KUPANG The Influence of Product Quality And Price On Purchasing Decisions. 907–918.

Ranjevi, Y., Khasanah, M., Maushal, N. F., Samiaji, D. R., Nidzar, S., & Wiharso, G. (2024). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Goceng Depok: Studi Kasus. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.33480/jasdim.v3i1.4991

Rokhmat, A., Susanto, A., Rosmiati, D., & Cahyani, F. (2024). FEBCOMS : Jurnal Pengabdian Masyarakat FEBCOMS : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(7), 1–6.

Sahir, S. H., Ramadhan, A., & Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bsnis Dan Manajemen, 3(1), 130.

Septiana, R., Syarif, D., & Bustami, A. W. (2024). Pengaruh Analisis Label Halal dan Hargaterhadap Keputusan Membeli Produk Mie Samyang Bagi Remaja di Wilayah Kabupaten Kerinci. 10(02), 1398–1409.

Setiawan Rifky Budi. (2023). 9949-28986-1-Pb. NUSANTARA : Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 446–456.

Sivaram, M., Hudaya, A., & Hapzi, A. (2019). Building a Purchase and Prchase Decision: Analysis of Brand Awareness and Brand Loyalty (Case Study of Private Label Products at Alfamidi Stores In Tangerang City). Dijemss, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31933/DIJEMSS

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207-215.

Sutriani, R., Mutia, A., & Sudharyati, N. (2024). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Wanita Muslimah Generasi Z Di Kota Jambi. Maslahah: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(2), 145–160.

Syamsurizal, & Ernawati Sri. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rocket ChikenKota Bima. Jurnal Brand, Volume 2 N(Brand Image), 1–7.

Tasia, A. A., Sulistyandari, & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 74–85.

Ulil, A., Al, A., Salatiga, I., & Kunci, K. (2020). Pengaruh Label Halal dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul. 3(1), 641–647.

Uliya, Z., Zulhadi, T., & Mahyarni. (2023). MONEY: Journal of Financial and Islamic Banking. MONEY: Journal of Financial and Islamic Banking, 1(2), 44–52.

Utami, N., & Sujianto, A. E. (2023). Islamic Branding: Analisis Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Awareness Wardah Kosmetik. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 7(1), 708–720. https://doi.org/10.30651/justeko.v7i1.18058

Wahyuningsih, N., & Ernawati, S. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Kota Bima [The Influence of Price and Product Quality on Consumer Satisfaction at Rocket Chicken, Bima City] (in Indonesian). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(5), 2745–5955.

Wahyurini, S. C., & Trianasari, N. (2020). Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ). 4(1), 39– 50.

Wardah, K. (2020). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam E-ISSN: 2686-620X Halaman 151-164. 3, 151–164.

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 4(2), 83–9

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Kunasari, K., Dhia R.A., S., Nikmah, Z., Andni, R., & Candra, E. (2025). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Label Halal Dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kudus. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 143–158. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v5i2.1049