Analisis Komunikasi antara Penjual dan Pembeli Menggunakan Fitur Direct Message pada Media Sosial Instagram

Studi pada Akun Instagram @seafood_brother_lpg

Authors

  • Desma Silvira Universitas Bandar Lampung
  • M. Denu Poyo Universitas Bandar Lampung
  • Budhi Waskito Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v5i3.1399

Keywords:

Direct-Message, Instagram, Interpersonal-Communication, Symbolic-Meaning, Social-Media

Abstract

This study aims to analyze the interpersonal communication process between sellers and buyers through the Direct Message (DM) feature on the Instagram account @seafood_brother_lpg and to understand the symbolic meanings created within the interaction. This research applied a descriptive qualitative method by collecting data through interviews, observation, and documentation.The results show that interpersonal communication through DM occurs in a two-way, interactive, responsive, and personal manner. The communication process takes place in several stages: opening, exchanging information, negotiation, and closing messages. It uses casual language, friendly greetings, emoticons, and Voice Notes, which not only facilitate transactions but also build emotional closeness and customer loyalty.Symbolic meanings are reflected through emoticons, Voice Notes, and warm greetings, representing familiarity, attention, and emotional closeness between the seller and customer. The Direct Message feature has proven effective in simplifying the ordering process, delivering information, handling complaints, and maintaining good relationships in online business.

References

Akbar, M. R. (2024). Pengertian komunikasi menurut para ahli beserta jenis dan contohnya. Detikjogja. https://www.detik.com/jogja/kota-pelajar/d-7229966/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-contohnya

Ambar. (2017). Teori interaksi simbolik – konsep – asumsi – kritik. Pakarkomunikasi.com. https://pakarkomunikasi.com/teori-interaksi-simbolik

Anggraini, C., Denny, Ritonga, H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 337–342.

Annisa, & Wulansari, D. (2024). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi di Staffee.Ca Bouquet Sidoarjo. Neraca Manajemen Ekonomi, 6. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan fitur Instagram sebagai sarana komunikasi pemasaran Kedai Bababakeroyokan di Kota Palu. Jurnal Unknown, 9(2).

Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Unknown, 5.

Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media sosial mempengaruhi integrasi bangsa. Jurnal Unknown.

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme simbolik dalam kehidupan bermasyarakat. https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/33

DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Pearson Education, Inc.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Herlina, S., Boer, R. F., Fasadena, N. S., Kede, A., Kahfi, M. A., Ganiem, L. M., Putri, S. S., Hasibuan, N., Subchan, N., & Deryansyah, A. D. (2023). Pengantar ilmu komunikasi (M. P. Abdul Khakim, Ed.). CV Basya Media Utama.

Hernani, A., Dinas, U., & Sidoarjo, K. (2021). Media baru dan anak muda: Perubahan bentuk media dalam interaksi keluarga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 11(1).

Heryana, A. (2018). Informan dan pemilihan informan. Jurnal Unknown.

Joniarta, W. (2024). Strategi komunikasi politik pasangan calon dalam meningkatkan dukungan elektoral melalui media sosial Instagram dalam perspektif administrasi publik. Governance: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan.

KOMPAS.com/Gischa Prameswari. (2021). Penjualan: Pengertian para ahli, bentuk, jenis, dan tujuannya. KOMPAS.com. https://governance.lkispol.or.id/index.php/description/article/view/309/297

Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Jurnal Unknown.

Mulia, R. P., & S. S. (2024). Pengaruh pesan persuasif oleh penjual melalui live streaming Shopee dalam menarik minat pembeli untuk checkout. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i1

Muradho, H. K., Mahdi, I., & Iqbal, M. (2024). Digital dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar dalam konten YouTube Login (Analisis Teori Media Baru). Journal on Education, 6(3), 16857–16865.

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Rosidi. (2020). Urgensi komunikasi interpersonal dalam Al-Qur’an sebagai pustakawan. Al-Hikmah: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 11(2), 85–94. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i2.2544

Pradana, A. D., & S. A. N. (2023). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran Capella.Apps. https://j-innovative.org/index.php/innovative

Putra, F. M., Hilal, S., & Hanif. (2023). Sosialisasi pemasaran digital: Memaksimalkan potensi ekonomi untuk menuju masyarakat yang mandiri dengan berwirausaha. Community Development Journal, 4(5), 10912–10919.

Rahman, A. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. (Dokumen pribadi/pdf tidak tersedia online).

Rahmau’dina, R. W., Fredrico, M., & Pradana, B. C. S. A. (2024). Media sosial Instagram sebagai media komunikasi interaktif di Grande Garden Cafe. Relasi: Jurnal Penelitian Komunikasi, 4(3).

Ridwan, M. H., & Riza, M. A. (2021). Analisis tindak tutur antara penjual dan pembeli di Pasar Sumberayu Muncar Banyuwangi (kajian pragmatik). Jurnal PENEROKA, 1(1).

SeputarIlmu.com. (2024). Pengertian media sosial menurut para ahli. Seputar Ilmu. https://www.seputarilmu.com/

Sudirjo, F., Purwati, T., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis dampak strategi pemasaran digital dalam meningkatkan loyalitas pelanggan: Perspektif industri e-commerce. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7422

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukreni, K. T. (2024). Komunikasi transendental tradisi Melukat (Studi pada masyarakat Hindu di Desa Banjar Dewa Kabupaten Tulang Bawang). Jurnal Unknown.

Sumiyati, & Nafioah, Y. (2019). Akuntansi keuangan SMK/MAK kelas XI. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). 38 etika berkomunikasi dalam era media digital. Jurnal Unknown.

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Desma Silvira, M. Denu Poyo, & Budhi Waskito. (2025). Analisis Komunikasi antara Penjual dan Pembeli Menggunakan Fitur Direct Message pada Media Sosial Instagram: Studi pada Akun Instagram @seafood_brother_lpg. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 5(3), 21–35. https://doi.org/10.55606/juitik.v5i3.1399

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.