IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI CAESAR CHIPER PADA APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI

Authors

  • Fachrul Dhika Ardiansyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Alfina Damayanti Universitas Trunojoyo Madura
  • Clarizza Azzahra Mudya Putri Universitas Trunojoyo Madura
  • Ayu Fitria Dinda Rany Universitas Trunojoyo Madura
  • Syaidin Joyo Biroso Trunojoyo Madura
  • Muhlis Tahir Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/juisik.v3i1.438

Keywords:

Caesar Chiper, Kriptografi, Enkripsi, Dekripsi.

Abstract

Kriptografi Caesar Cipher merupakan salah satu teknik kriptografi sederhana yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi teks. Dalam penelitian ini, dilakukan implementasi Caesar Cipher pada sebuah aplikasi enkripsi dan dekripsi sederhana menggunakan bahasa pemrograman HTML. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas dan efisiensi dari Caesar Cipher dalam menjaga kerahasiaan informasi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap utama, yaitu tahap perancangan, tahap implementasi, dan tahap pengujian. Pada tahap perancangan, dilakukan perencanaan dan perancangan aplikasi enkripsi dan dekripsi yang menggunakan Caesar Cipher. Kemudian pada tahap implementasi, dilakukan implementasi Caesar Cipher pada aplikasi yang telah dirancang. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian terhadap aplikasi yang telah diimplementasikan untuk menguji efektivitas dan efisiensi dari Caesar Cipher. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Caesar Cipher efektif dalam menjaga kerahasiaan informasi pada tingkat yang sederhana. Namun, Caesar Cipher kurang efektif jika digunakan pada tingkat keamanan yang lebih tinggi. Selain itu, efisiensi Caesar Cipher juga tergantung pada panjang teks yang dienkripsi dan jenis karakter yang digunakan dalam teks tersebut. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Caesar Cipher pada aplikasi enkripsi dan dekripsi sederhana menggunakan bahasa pemrograman HTML dapat dilakukan dengan mudah. Namun, penggunaan Caesar Cipher dalam menjaga kerahasiaan informasi harus dipertimbangkan dengan baik, terutama jika digunakan pada tingkat keamanan yang lebih tinggi.

References

Basuki, A., Paranita, U., & Hidayat, R. (2016). Perancangan Aplikasi Kriptografi Berlapis menggunakan Algoritma Caesar, Transposisi, Vigenere, dan Blok Chiper Berbasis Mobile. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 1(2), 31–35.

Gurning, R. R. A. (2014). Perancangan aplikasi pengamanan pesan dengan algoritma caesar chiper. Pelita Informatika Budi Darma, VI(April), 106–110.

Nasution, A. B., Efendi, S., & Suwilo, S. (2018). Image Steganography in Securing Sound File Using Arithmetic Coding Algorithm, Triple Data Encryption Standard (3DES) and Modified Least Significant Bit (MLSB). Journal of Physics: Conference Series, 1007(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1007/1/012010

Seftyanto, D., Apriani, M., & Haryanto, T. (2012). PERAN ALGORITMA CAESAR CIPHER DALAM MEMBANGUN KARAKTER AKAN KESADARAN KEAMANAN INFORMASI. In Seminar FMIPA UNY (Vol. 1).

Septiarini, A. (2011). Sistem Kriptografi Untuk Text Message Menggunakan Metode Affine. Jurnal Informatika Mulawarman, 6(1), 50–53.

Zuli, F., & Irawan, A. (2014). Pengamanan Data Pesan. Sistem Informasi, 7(2), 1–11.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Fachrul Dhika Ardiansyah, Alfina Damayanti, Clarizza Azzahra Mudya Putri, Ayu Fitria Dinda Rany, Syaidin Joyo Biroso, & Muhlis Tahir. (2023). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI CAESAR CHIPER PADA APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 105–112. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i1.438

Most read articles by the same author(s)