PENGGUNAAN BAHASA JAWA DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI MASYARAKAT KELURAHAN SUSUKAN UNGARAN TIMUR

Authors

  • Hary Purwanto Universitas Negeri Semarang
  • Edi Sujoko Universitas Negeri Semarang
  • Somya Ruth Nindyo Kirono

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinov.v4i2.36

Keywords:

Bahasa Jawa, Percakapan, Masyarakat

Abstract

Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah di Indonesia memiliki penutur yang tidak terlepas dari keterikatannya dengan norma sosial masyarakat Jawa.  Masyarakat kelurahan Susukan kecamatan Ungaran Timur  mengalami pergeseran sikap budaya. Sistem budaya masyarakat yang berlapis-lapis tertutup diubah menjadi masyarakat yang berlapis terbuka yang dapat diindikasikan dengan perpindahan masyarakat dari daerah lain ke kelurahan Susukan. Faktor yang paling dominan dari hal tersebut adalah banyaknya keluarga muda yang kurang memberi pendidikan berbahasa Jawa dengan baik di lingkungan keluarga.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari masyarakat desa Susukan Ungaran Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling.daerah (cluster Sampling).   Sampel sebanyak 932 orang terdiri dari 632 orang tua (suami/istri) status masih aktif bekerja  dan 300 anak yang sedang menempuh pendidikan sekolah dasar sampai perguruan tinggi.  Metode pengumpulan data menggunakan Questionaire sedang instrument penelitian menggunakan angket  tertutup dan wawancara.

Hasil penelitian bahwa percakapan sehari-hari orang tua (suami/istri) menggunakan bahasa Indonesia sebesar 43%, bahasa campuran 39%, dan bahasa Jawa 18%. Percakapan anak menggunakan bahasa Indonesian 42%, bahasa campuran 37%, dan bahasa Jawa 21%. Jika dirata-rata percakapan sehari-hari orang tua (suami/istri) serta anak menggunakan bahasa Jawa   sebesar 19,5%. Untuk memperkuat hasil penelitian dilanjutkan dengan uji statistic c2 menghasilkan c2 hitung > c2 tabel sehingga dapat diartikan bahwa masyarakat kelurahan  Susukan Ungaran Timur dalam percakapan sehari-hari tidak dominan menggunakan bahasa Jawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2021-12-01

How to Cite

Hary Purwanto, Edi Sujoko, & Somya Ruth Nindyo Kirono. (2021). PENGGUNAAN BAHASA JAWA DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI MASYARAKAT KELURAHAN SUSUKAN UNGARAN TIMUR. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 3(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/sinov.v4i2.36

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.